Rabu, 06 Juni 2012

Semaraknya Seminar Nasional Jurnal Ilmiah 2012

 

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi telah sukses melaksanakan Seminar Nasional Jurnal Ilmiah, yang diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2012 di Gedung PLA FIK UNY. Salah satu program kerja dari divisi Forum Mahasiswa (FORMA) ini telah terealisasi dengan baik, dan mampu menarik 320 mahasiswa maupun non mahasiswa dari berbagai wilayah untuk ikut menjadi peserta dalam seminar ini. Tema yang diangkat mengenai "Kesiapan Mahasiswa Indonesia dalam Menghadapi Penerapan Jurnal Ilmiah sebagai Syarat Kelulusan di Tahun 2012" merupakan isu hangat yang jelas mengakibatkan banyak pro dan kontra atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah malalui surat edaran Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 152/E/T/2012 tentang publikasi karya ilmiah kepada semua PTN/PTS seluruh Indonesia untuk Menerapkan Jurnal Ilmiah sebagai Syarat Kelulusan Mahasiswa di Tahun 2012 yang dimaksud untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian. Kebijakan ini masih belum dapat diterima oleh semua perguruan tinggi. Oleh karena itu, dalam Seminar Nasional ini kita mendatangkan pembicara 1 Prof. Dr. Burhan Nurgiantoro (DIKTI) sebagai pihak yang membuat kebijakan, pembaicara 2 Prof. Dr. Mudrajad Kuncoro, M.Sos.Sc (Guru besar termuda FEB UGM) yang memaparkan mengenai tata tulis yang baik dalam jurnal ilmiah dan pembicara 3 Prof. Dr. H Suyatno, M.Pd (Sekjen Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) sebagai pihak yang menolak adanya kebijakan ini.


Materi disampaikan oleh ketiga pembicara dalam satu sesi, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab secara panel. Banyak peserta yang antusias bertanya, salah satunya adalah dosen dari Papua, yang bertanya mengenai keefektifan pelaksanaan kebijakan bagi universitas yang berada di wilayah timur. Jawaban yang luar biasa dari pembicara mampu menarik keingintahuan peserta mengenai hasil diskusi tersebut. Manfaat bagi peserta  dengan mengikuti Seminar Nasional ini adalah dapat mengetahui lebih jelas mengenai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, yang banyak mendatangkan pro kontra di berbagai universitas, aturan penerapan kebijakan tersebut, dan kebijakan bagi universitas yang menyatakan kontra terhadap aturan tersebut.


Acara berakhir pada pukul 13.30 WIB, dan meninggalkan kesan yang dalam, baik bagi panitia maupun peserta. Dapat terselenggara, menyajikan dan mengemas acara yang luar biasa, serta memberikan pengetahuan baru bagi peserta adalah hasil dari kinerja dari semua pihak terkait. Kita ada, kita yakin dan kita bisa maka acara Seminar Nasional Jurnal Ilmiah 2012 telah terselenggara dengan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar